Besok Gerhana Matahari Kembali Menyapa Nusantara, Kemenag Anjurkan Salat Kusuf

BERITAWAJO.COM, FAJAR.CO.ID — Gerhana matahari diperkirakan kembali terjadi di sejumlah wilayah Indonesia. Berdasarkan data astronomis, ada 31 provinsi di Indonesia yang dapat mengamati Gerhana Matahari Sebagian pada Minggu, 21 Juni 2020 bertepatan 29 Syawal 1441H.

“Ada 31 Provinsi yang secara astronomis dapat mengamati gerhana matahari ini,” terang Dirjen Bimas Islam Kemenag Kamaruddin Amin di Jakarta, Sabtu (20/6).


ILUSTRASI. (foto: afp)

Kementerian Agama, lanjut Kamaruddin, mengimbau umat Islam yang daerahnya mengalami gerhana dan aman COVID-19 untuk menggelar Salat Gerhana Matahari atau Salat Kusuf.

“Kami imbau kaum muslim pada daerah yang mengalami gerhana dan aman COVID-19, untuk menggelar salat sunah gerhana sesuai tuntunan syariah. Tapi tetap memperhatikan protokol kesehatan,” tuturnya.

Salat Kusuf atau Salat Gerhana Matahari dilakukan dua rakaat dengan rangkaian sebagai berikut:

“Setelah salat, Imam lalu menyampaikan khutbah kepada para jemaah yang berisi anjuran untuk berzikir, berdoa, beristighfar, sedekah, dan hal baik lainnya,” jelas Kamaruddin.

Masyarakat juga dianjurkan membaca takbir, memperbanyak zikir, istighfar, sedekah, dan amal-amal kebajikan lainnya. Jangan lupa berdoa agar wabah COVID-19 segera berakhir. Juga doa untuk keselamatan bangsa dan negara.

“Salat gerhana sunah dilakukan di masjid secara berjemaah tetapi boleh juga dilakukan seorang diri,” kata Kamarudddin.

Menurut Kamaruddin, pelaksanaan Salat Kusuf menyesuaikan waktu gerhana matahari di wilayah masing-masing.

Demikian berita ini dikutip dari FAJAR.CO.ID untuk dapat kami sampaikan kepada pembaca sekalian.

0 Response to "Besok Gerhana Matahari Kembali Menyapa Nusantara, Kemenag Anjurkan Salat Kusuf"

Post a Comment

Iklan

Iklan Tengah

Iklan Tengah

Iklan